Selasa, 12 Juni 2012

Takaran Teh yang Ampuh Usir Diabetes

BUKAN hanya nikmat disajikan baik dalam keadaan dingin maupun hangat, teh ternyata juga mampu mengurangi risiko diabetes hingga 20 persen. Demikianlah kesimpulan dari sebuah penelitian yang dikutip dari Daily Mail pada 5 Mei 2012.

Studi yang dilangsungkan di Eropa ini bermula dari penelitian terhadap kebiasaan minum air seduhan daun teh sebanyak empat cangkir per hari.
Christian Herder dari Leibniz Center untuk Diabetes Research di Heinrich Heine University di Dusseldorf, Jerman, mengatakan, analisis sebelumnya menunjukkan, ada hubungan konsumsi teh dengan penurunan terbentuknya penyakit diabetes tipe 2 terhadap seseorang.

"Obesitas adalah faktor besar dalam pembentukan penyakit diabetes tipe 2, tetapi jenis asupan seseorang punya faktor besar. Salah satu faktor asupan yang menarik adalah konsumsi teh," ungkap Herder.

Baginya, konsumsi teh mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan mempengaruhi glukosa pencernaan, penambahan glukosa, dan melindungi sel-sel beta dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat menguntungkan ini berasal dari polifenol yang terdapat dalam teh.

"Mengkonsumsi minimal empat gelas teh per hari berkhasiat menurunkan 20 persen risiko terbentuknya masalah diabetes seseorang. Sementara bila hanya mengkonsumsi tiga gelas atau kurang per hari, tidak menurunkan risiko diabetes, hal ini dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi teh sama sekali," lanjut Herder.

Meski demikian, dalam laporan ini tidak dijelaskan mengenai jenis teh yang mampu mengurangi risiko diabetes. Namun, peneliti menekankan untuk tidak mencampur gula atau jenis pemanis buatan lainnya ke dalam minuman teh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar